Metode Terapi

Metode Terapis Special Needs Children (Anak Berkebutuhan Khusus)

Terapis Okupasi (Occupational Therapy)

Anak Makan

Terapi Okupasi adalah metode terapis untuk melatih motorik halus anak berkebutuhan khusus (special needs children). Terapi Okupasi untuk membantu menguatkan, memperbaiki koordinasi dan keterampilan ototnya.

Hampir semua anak berkebutuhan khusus (special needs children), diantaranya autism spectrum disorder memiliki keterlambatan dalam perkembangan motorik halus, dalam beraktivitas bergerak kaku dan kasar. Misalnya : memegang pensil, memegang sendok, menyuap makanan ke mulut.

Terapis Integrasi Sensoris (Sensory Integration Therapy)

Sentuhan Anak

Sensory Integration Therapy adalah merupakan metode terapis pengorganisasian informasi melalui sensori-sensori (sentuhan, gerakan, keseimbangan, penciuman, pengecapan, penglihatan dan pendengaran) yang sangat berguna untuk menghasilkan respon yang bermakna bagi anak berkebutuhan khusus (special needs children).

Terapis Perilaku (Applied Behavior Analysis Therapy)

Perilaku Anak

Applied Behavior Analysis terapis adalah merupakan metode terapis untuk membentuk perilaku positif pada anak berkebutuhan khusus (special needs children) terdiagnosis autism spectrum disorder, metode terapis ini lebih dikenal dengan nama ABA (Applied Behavior Analysis) atau metode Lovass.

anak berkebutuhan khusus (special needs children) dengan gangguan autism spectrum disorder seringkali merasa frustasi. Terapis  mencari latar belakang dari perilaku negatif dan mencari solusi dengan merekomendasikan perubahan perilaku positif didasarkan dari lingkungan dan rutinitas yang tidak bersifat kondusif.

Terapis Wicara (Speech-Language Therapy)

Anak Bicara

Speech-Language Therapy adalah proses metode terapis untuk membantu anak berkebutuhan khusus (special needs children), autism spectrum disorder melancarkan otot-otot mulut sehingga membantu anak autism spectrum disorder berbicara lebih baik.

Hampir semua anak berkebutuhan khusus (special needs children) dengan gangguan autism spectrum disorder memiliki kesulitan bicara dan berbahasa. Kadang-kadang bicara cukup berkembang, tetapi tidak mampu berkomunikasi / berinteraksi dengan orang lain.

Terapis Bermain (Play Therapy)

Anak Bermain

Play Therapy adalah proses metode terapis psikologis pada anak berkebutuhan khusus (special needs children), dimana alat permainan menjadi sarana utama untuk mencapai tujuan. Bermain merupakan bagian tidak terpisahkan dalam proses tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus (special needs children).

Usaha mengoptimalkan kemampuan fisik, intelektual, sosial, dan emosional anak berkebutuhan khusus (special needs children). Tujuannya adalah mengembangkan kekuatan otot, motorik, ketahanan tubuh anak berkebutuhan khusus (special needs children). Misalnya : mengangkat dan menaruh benda, naik-turun tangga, lempar bola dan lain sebagainya.

Terapis Fisik (Physical Therapy)

Anak Berenang

Physical therapy adalah proses metode terapis untuk membantu anak berkebutuhan khusus (special needs children), yang biasanya cenderung banyak ditemukan memiliki tonus otot lembek sehingga jalannya kurang kuat, keseimbangan kurang bagus, biasanya merupakan bagian metode terapis integrasi sensoris.

Biasanya aktivitas dilakukan di luar ruang (outdoor activities). Misalnya, lari-lari di tempat, loncat-loncat di tempat, jogging, renang (metode terapis air).

Terapis Sosial (Social Therapy)

Anak Bersosialisasi

Social Therapy adalah proses metode terapis untuk membantu anak berkebutuhan khusus (special needs children), dalam berinteraksi sosial dan komunikasi dengan yang lainnya. Terapis membantu memberikan fasilitas untuk bergaul dengan teman-teman sebaya dan mengajari cara-caranya.

Terapis Visual (Visual Learning Therapy)

Anak Belajar secara Visual

Visual learning therapy adalah proses metode terapis untuk membantu anak berkebutuhan khusus (special needs childrenbelajar dengan melihat gambar-gambar atau secara visual. Anak autism spectrum disorder biasanya lebih mudah belajar dengan melihat (visual learning).

Mengembangkan metode belajar komunikasi melalui gambar-gambar. Misalnya, bisa menggunakan program pembelajaran melalui CD-interaktif.

Terapis Musik, Seni dan Budaya (Art and Music Therapy)

Anak Bermain Drum

Art and music therapy adalah proses metode terapis untuk membantu anak berkebutuhan khusus (special needs children) belajar melalui bunyi-bunyian (suara/musik), seni dan budaya.

Mengembangkan metode belajar komunikasi melalui penelusuran pengembangan minat dan bakatnya, misalnya di bidang seni musik (biola, piano/organ, drum, karawitan dan lain sebagainya), seni (mewarnai dan melukis), serta budaya (tari-tarian) dan lain sebagainya.

Anak Hebat Mandiri, jika diminta bisa memberikan pendampingan khusus dan memberi bantuan informasi yang diperlukan dan mencarikan seniman dan pekerja seni di Yogyakarta.

Terapis biomedis (Biomedical Therapy)

Anak Diet Makanan

Terapi biomedis adalah metode terapis bertujuan memperbaiki metabolisme tubuh anak berkebutuhan khusus (special needs children) melalui diet dan pemberian suplemen. Gejala-gejala autism spectrum disorder mungkin bisa diperparah dengan adannya gangguan metabolisme yang akan berdampak pada gangguan fungsi otak.

Biasanya anak berkebutuhan khusus (special needs children) autism spectrum disorder perlu diperiksa secara intensif (darah, urine, faeces, dan rambut), sebelum dilakukan program diet dan pemberian suplemen.

Terapis Medikamentosa (Medicamentosa Therapy)

Anak dan Obat-obatan

Terapi Medicamentosa  adalah metode terapis dengan obat-obatan bertujuan memperbaiki komunikasi, memperbaiki respon terhadap lingkungan, dan menghilangkan perilaku aneh serta diulang-ulang.

Hal ini biasanya sebagai alternatif terakhir, dengan merekomendasikan kepada dokter psikiater jika dirasa perlu, dengan mempertimbangkan efek samping dari pengendapan racun di dalam metabolisme tubuh anak dan resistensi anak berkebutuhan khusus (special needs children) akan obat-obatan.