Masalah Medis Downsyndrome

Masalah Medis Yang Berhubungan Dengan Anak Downsyndrome

Downsyndrome

Sumber Foto: Diambil Dari Google Image

Beberapa anak DS tidak memiliki masalah kesehatan yang signifikan, sedangkan di sisi yang lain, mungkin ada anak DS yang mengalami sejumlah masalah-masalah medis yang memerlukan perawatan ekstra. Sebagai contoh, hampir setengah dari semua anak yang lahir dengan DS, akan memiliki cacat jantung bawaan.

Anak-anak DS juga lebih berisiko mengalami hipertensi pulmonal, kondisi serius yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru. Semua bayi dengan Downsyndrome harus dievaluasi oleh seorang ahli jantung pediatrik.

Sekitar setengah dari semua anak-anak dengan DS, juga memiliki masalah dengan pendengaran dan penglihatan. Gangguan pendengaran dapat berhubungan dengan penumpukan cairan di telinga bagian dalam atau masalah struktural dari telinga itu sendiri. Masalah penglihatan umumnya termasuk strabismus (juling), rabun dekat- atau rabun jauh, dan lebih berisiko katarak.

Evaluasi rutin oleh otolaryngologist (telinga, hidung, dan tenggorokan dokter), audiolog, dan dokter mata diperlukan untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah sebelum terapi wicara dan keterampilan belajar.

Kondisi medis lainnya yang mungkin terjadi lebih sering pada anak-anak dengan Downsyndrome termasuk masalah tiroid, perut dan masalah usus, gangguan kejang, masalah pernapasan, termasuk sleep apnea dan asma, obesitas, peningkatan infeksi, dan risiko leukimia yang lebih tinggi.

Anak-anak dengan Downsyndrome kadang-kadang memiliki tulang belakang bagian atas yang tidak stabil dan harus dievaluasi oleh dokter sebelum berpartisipasi dalam kegiatan fisik. Untungnya, banyak dari kondisi ini dapat diobati.

Saya Dewi Lestari, sarjana psikolgi, menyukai psikologi anak (psikologi perkembangan dan pendidikan). Sangat mencintai dunia anak dengan disabilitas mental, emosional & perilaku. Anak Berkebutuhan Khusus, yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD)/ Syndrome Asperger/ RETT Syndrome/ PDD-NOS; Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADD/ADHD); Dyspraxia/ Dyslexia/ Dyscalculia; Retardasi Mental/ Down syndrome & Underachiever (Gifted/ Talented).

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Posted in Downsyndrome

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Upcoming Events

No upcoming events

Silahkan masukkan email untuk menerima notifikasi posting terbaru.

Join 704 other followers

Selalu Terhubung
Hours & Info
Buat Janji Kosultasi: 0819-0377-7481
Konsultasi: Setiap Hari Minggu 13.00-16.00.