Dampak dan Pengaruh Downsyndrome

Dampak dan Pengaruh Downsyndrome Pada Tumbuh Kembang Anak

Downsyndrome

Sumber Foto: Diambil Dari Google Image

Anak-anak dengan DS cenderung untuk berbagi fitur fisik tertentu seperti profil muka yang datar, miring ke atas ke arah mata, telinga kecil, dan lidah yang menonjol. Tonus otot lembek (hypotonia) juga merupakan karakteristik anak-anak dengan Down Syndrome, atau bayi terutama mungkin tampak “floppy.” Meskipun ini dapat dan sering tidak meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu, sebagian besar bayi dengan DS biasanya mencapai tahap perkembangan seperti duduk, merangkak, dan berjalan lebih lambat dibanding anak-anak lain.

Saat lahir, anak-anak dengan DS biasanya ukuran rata-rata, tetapi mereka cenderung tumbuh pada tingkat lebih lambat dan tetap lebih kecil dari rekan-rekan mereka. Untuk anak bayi, tonus otot lembek dapat menyebabkan masalah-masalah, seperti dalam “mengisap” (ngedot) dan makan, serta sembelit dan masalah-masalah pencernaan lainnya. Balita dan anak-anak yang lebih tua mungkin memiliki keterlambatan bicara dan dalam keterampilan hidup sehari-hari seperti makan, berpakaian, dan toilet trainning.

Down syndrome mempengaruhi kemampuan anak-anak untuk belajar dengan cara yang berbeda, sebagian besar memiliki gangguan intelektual dari ringan sampai sedang. Anak-anak dengan DS bisa dan mampu untuk belajar, dan mengembangkan keterampilan sepanjang hidup mereka.

Mereka hanya mencapai tujuan dengan kecepatan yang berbeda-beda, yang hal ini penting untuk tidak membandingkan anak DS terhadap perkembangan anak-anak lain atau bahkan saudara dengan kondisi tersebut.

Anak-anak dengan DS memiliki berbagai kemampuan, dan tidak ada cara untuk mengetahui pada saat kelahiran apa yang mereka akan mampu saat mereka akan tumbuh menjadi dewasa.

Saya Dewi Lestari, sarjana psikolgi, menyukai psikologi anak (psikologi perkembangan dan pendidikan). Sangat mencintai dunia anak dengan disabilitas mental, emosional & perilaku. Anak Berkebutuhan Khusus, yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD)/ Syndrome Asperger/ RETT Syndrome/ PDD-NOS; Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADD/ADHD); Dyspraxia/ Dyslexia/ Dyscalculia; Retardasi Mental/ Down syndrome & Underachiever (Gifted/ Talented).

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Posted in Downsyndrome

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Upcoming Events

No upcoming events

Silahkan masukkan email untuk menerima notifikasi posting terbaru.

Join 704 other followers

Selalu Terhubung
Hours & Info
Buat Janji Kosultasi: 0819-0377-7481
Konsultasi: Setiap Hari Minggu 13.00-16.00.