Mengatur Layout Ruang Kelas

Tips bagi Guru/ Wali Kelas

Tahun ajaran baru sekolah sudah dimulai. Sebagian besar siswa berharap ingin segera dapat bergabung dengan kelas baru mereka, dengan guru kelas dan teman kelas barunya.

ruang-kelas

Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), pengaturan tata letak ruang kelas sangat berperan penting. Disamping akan memberikan kemudahan akses siswa supaya dapat bergerak leluasa dalam mengaktualisasi dirinya di ruang kelas, sekaligus juga diharapkan dapat berimbas pada peningkatan rata-rata prestasi kelas siswa sebagai hasil out-put nya.

Namun hal ini tentunya, juga harus mempertimbangkan style mengajar guru kelas, sehingga perlu layout tata letak ruang kelas yang terbaik bagi guru dan siswa.

Bagi Anda sebagai guru kelas baru mereka, mungkin berikut ini adalah hal yang hal-hal yang perlu anda pertimbangkan, ketika akan memutuskan pengaturan tata letak ruang kelas Anda.

1. Meja dan Kursi Guru

Dalam pengaturan kegiatan belajar mengajar tradisional, ini adalah salah satu item yang umumnya meja guru diletakkan di sudut ruangan, di depan kelas, di salah satu pojok dinding ruang kelas, untuk menghindari meja guru berada di tengah-tengah lalu lalang akses siswa yang begitu tinggi.
Namun di sisi lain, jika pendekatan Anda untuk instruksi, kiranya akan lebih fleksibel dan lebih interaktif, jika Anda mungkin ingin memiliki meja guru yang lebih dekat dengan meja dan kursi siswa.

2. Meja dan Kursi Siswa

Tata letak meja dan kursi siswa tergantung pada jenis bagaimana cara interaksi yang Anda inginkan dengan siswa Anda. Mungkin Anda ingin sering mengatur ulang meja, tergantung pada jenis rencana pembelajaran Anda yang sudah teragendakan pada kalender tahun akademik berjalan.
Berikut adalah beberapa pilihan tata letak ruang meja dan kusrsi siswa yang mungkin dapat Anda pertimbangkan:
a. Siswa menghadap ke depan ruang kelas. Ini pilihan yang terbaik untuk sesi yang melibatkan instruksi langsung dari Anda.
b. Siswa menghadapi ke tengah ruang kelas. Ini tata letak menciptakan lingkungan yang ramah dan paling baik digunakan ketika siswa saling berinteraksi dan diskusi merupakan bagian dari agenda program pembelajaran.
c. Siswa dikelompokkan dalam kelompok-kelompok. Ini pilihan tatak letak paling ideal untuk saat-saat ketika Anda ingin siswa Anda untuk dapat bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menyelesaikan sebuah proyek kolaboratif atau tugas kelompok dalam ruang kelas.

3. Overhead Projector atau Multimedia Projector Screen

Adalah wajib bahwa layar proyektor harus ditempatkan pada ketinggian dan sudut pandang yang memungkinkan setiap siswa dapat melihat layar dengan mudah. Oleh karenanya, pastikan diri anda untuk duduk sementara di kursi dan meja masing-masing siswa, melakukan check and re-check memastikan apakah anda dapat melihat layar proyektor dengan sudut pandang yang nyaman dari semua posisi.

4. Perlengkapan dan Persediaan Peralatan Kelas

Perlu dipertimbangkan, item-item mana yang sering digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas, dan mana yang jarang digunakan. Item-item yang sering digunakan dalam KBM harus dimanfaatkan dan terus lebih dekat dengan siswa. Sedangkan Item yang jarang digunakan, dapat disimpan dalam suatu lemari cabinet yang dapat mudah diakses jika sewaktu-waktu diperlukan. Rautan pensil dan sampah atau limbah habis pakai, harus disimpan sedikit menjauh dari siswa untuk menghindari gangguan ISPA.

5. Papan Pengumuman

classroom-decorating

Pertimbangkanlah dalam menghias papan pengumuman untuk menghidupkan suasana ruang kelas, serta untuk berkomunikasi dengan siswa tentang kejadian-kejadian dan agenda penting selama berlangsungnya KBM dalam kalender tahun akademik berjalan.
Berikut adalah beberapa hal-hal yang dapat anda pertimbangkan dalam menghias papan pengumuman kelas:
a. Memasang “quote of the day” yang sangat relevan, inspiratif, dan penuh motivasi.
b. Menghias papan berwarna-warni dengan pekerjaan proyek/ tugas yang telah diselesaikan oleh siswa/ kelompok. Anda juga dapat memberikan tugas bergulir kepada siswa.
c. Mendidik siswa anda tentang sesuatu yang berkaitan dengan kurikulum mereka.
d. Menyematkan koran atau majalah editorial yang memberikan informasi penting berkaitan dalam mendidik siswa anda.
e. Memungkinkan siswa untuk memasang foto tempat yang mereka kunjungi pada hari libur.
f. Memasang informasi-informasi penting sekolah, seperti : kalender akademik; kegiatan ekstrakurikuler; instruksi latihan kepramukaan, bela diri, olah raga dan kebakaran; peraturan kelas dan informasi penting lainnya.

Demikianlah dengan harapan mengikuti panduan di atas, semoga Anda akan dapat merasa lebih yakin bahwa tahun ajaran baru di tahun ini, akan dimulai dengan ledakan yang sangat dahsyat, “boom!” atas peningkatan rata-rata prestasi kelas siswa Anda. Semoga berhasil!

Saya Dewi Lestari, sarjana psikolgi, menyukai psikologi anak (psikologi perkembangan dan pendidikan). Sangat mencintai dunia anak dengan disabilitas mental, emosional & perilaku. Anak Berkebutuhan Khusus, yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD)/ Syndrome Asperger/ RETT Syndrome/ PDD-NOS; Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADD/ADHD); Dyspraxia/ Dyslexia/ Dyscalculia; Retardasi Mental/ Down syndrome & Underachiever (Gifted/ Talented).

Tagged with: , , , , , , , , , , ,
Posted in Smart Parenting, Tips dan Trick bagi Guru

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Upcoming Events

No upcoming events

Silahkan masukkan email untuk menerima notifikasi posting terbaru.

Join 704 other followers

Selalu Terhubung
Hours & Info
Buat Janji Kosultasi: 0819-0377-7481
Konsultasi: Setiap Hari Minggu 13.00-16.00.