Menanamkan Kepemimpinan Pada Anak

Menanamkan Karakter Kepemimpinan Pada Anak Sejak Usia Dini

Tips Bagi Orang Tua dan Guru PAUD, dalam mengembangkan Leadership Skill pada Anak sejak Usia Dini

anak-usia-dini

Sebenarnya artikel ini adalah pokok-pokok pikiran dari makalah yang sudah saya siapkan sebagai pembicara dalam sebuah seminar dan workshop pelatihan. Karena acara batal diselenggarakan oleh lembaga professional yang mengharap kesediaan saya, rasanya dibuang sayang.

Prolog

Beberapa bulan lalu, salah satu relasi social media web-blog ini, lembaga pengembangan sumber daya manusia yang professional, menelpon mengharap kesediaan saya untuk menjadi pembicara dalam suatu seminar dan workshop pelatihan yang akan diselenggarakannya di Yogyakarta.

Awalnya saya terheran-heran, karena tema yang diminta tentang “Leadership”. Dan sebagai target audience pelatihan adalah Guru-guru PAUD. Sementara di sisi lain, sebagaimana diketahui, saya selama ini fokus pada anak berkebutuhan khusus.

Selang beberapa hari kemudian, lembaga tersebut menelpon saya kembali, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, bahwa acara tersebut tidak jadi diselenggarakan karena dibatalkan sesuai permintaan kliennya (end-user).

Setelah menimbang-nimbang dengan seksama, makalah ini rasanya dibuang sayang. Maka saya putuskan untuk sharing saja dengan para orang tua dan guru-guru PAUD, pembaca web-blog saya ini. Siapa tahu dapat memberikan inspirasi dan manfaat bagi kita semua.

Untuk mengakomodasi hal itu, mulai saat ini saya akan tambahkan link khusus dengan menu “Smart Parenting” agar supaya dapat juga mengakomodir artikel-artikel lain yang terinspirasi untuk membantu para orang tua. Insya Allah! Amin.

Leadership Skill

tonggak-kepemimpinan
Semua anak dapat menjadi seorang pemimpin dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan (leadership skill) dengan apa yang dipelajari. Sementara beberapa anak mungkin memiliki lebih sedikit percaya diri daripada yang lain, hal itu tidak lantas membuat mereka pemimpin.

Telah berkali-kali terbukti sepanjang sejarah bahwa siapa pun bisa belajar untuk menjadi pemimpin. Orang tua dan pendidik, memainkan peran besar dalam, “Apakah anak adalah leader atau hanya follower?”.

“Menjadi Pemimpin” tidak selalu berarti bahwa seseorang berada dalam posisi untuk memberitahu orang lain apa yang harus dilakukan. Banyak pemimpin yang paling kuat atau berpengaruh dalam sejarah hanya “memimpin” diri mereka sendiri, tetapi melalui pilihan individu mereka yang kuat mereka dipengaruhi jutaan atau bahkan seluruh generasi orang di seluruh dunia.

Salah satu ciri yang paling penting dari seorang pemimpin adalah kemampuan untuk membuat keputusan untuk diri mereka sendiri, mampu berdiri mandiri atas tekanan teman-teman sebaya dan menetapkan standar pribadi perilakunya.

Seorang leader dan follower melangkah ke peran mereka, sejak usia yang sangat dini. Jika kita berjalan ke kelas play-group dan taman kanak-kanak dan dalam waktu yang sangat singkat akan tahu mana anak-anak akan menjadi pemimpin di kelas dan siapa yang hanya akan menjadi pengikut.

Ada keterampilan kepemimpinan (leadership skill) sederhana bagi Anda yang dapat membantu anak-anak sejak usia dini belajar dan mengembangkan ketrampilan yang akan membantu mereka menjadi pemimpin.

Keterampilan kepemimpinan (leadership skill) ini akan memberdayakan anak-anak sejak dini dengan keyakinan untuk membuat pilihan bagi diri mereka sendiri dan tidak harus mengikuti orang banyak atau menyerah pada tekanan teman-teman sebayanya.

5 (Lima) Kualitas “Pemimpin”

1. Pemimpin selalu berkata,
“Ya, saya bisa!”

Ini juga disebut kekuatan Sikap Positif (Positive Attitude)

Seorang pemimpin memahami mungkin akan ada banyak orang sepanjang hidupnya yang akan mengatakan, mengapa mereka tidak melakukannya seperti ini dan begini, serta mengapa mereka TIDAK BISA melakukan.

Seorang pemimpin akan tetap fokus pada mempertahankan sikap positif ini, tidak peduli pada apa yang orang di sekitar mereka katakan atau lakukan. Seorang pemimpin berdiri teguh atas tekanan teman-teman sebaya sehari-hari untuk membuat pilihan bagi diri mereka sendiri.

Tips bagi orang tua dan guru PAUD

Ajarkan anak-anak sejak usia dini untuk mengatakan “Ya, saya bisa!” Bahkan ketika mereka tidak yakin. Hal ini akan sangat membantu mereka memahami kekuatan sikap positif ini.

2. Pemimpin selalu mengatakan,
“Ini bukan masalah, ini adalah tantangan!”

Ini disebut juga Mengatasi Kesulitan (Overcoming Adversity)

Kehidupan sehari-hari banyak diisi dengan tantangan, namun, banyak orang menyebutnya sebagai suatu “masalah”. Dan karena itu jika dianggap sebagai “tantangan”, mereka akan termotivasi merasa ditantang untuk mengatasi kesulitan dengan besarnya daya juang yang mereka miliki, namun jika dianggap sebagai suatu masalah akan membuat mereka cenderung berkeluh kesah, meratapi, menyalahkan, melupakan, dan mencari kompensasi lain untuk dapat lari dari masalah untuk sementara waktu.

Salah satu kruk dalam kehidupan bahwa para pemimpin tidak menggunakan kalimat “Saya, tidak bisa!” Pemimpin belajar sangat cepat dalam hidup yang mengatakan “Saya tidak bisa” hanya sebuah alasan untuk tidak mau mencoba. Itu membuat mereka mudah untuk menyerah.

Langkah pertama untuk menjadi seorang pemimpin adalah untuk selalu mengatakan “Ya, saya bisa.” Dengan berfikir positif begitu, akan selalu ada solusi lain. Pemimpin hanya akan perlu mengajukan pertanyaan yang berbeda atau lebih baik untuk menemukan lebih banyak alternative-alternatif solusi. Setiap tantangan dalam hidup adalah kesempatan untuk belajar pelajaran baru.

Tips bagi orang tua dan guru

Ajarkan anak-anak sejak usia dini untuk mengajukan pertanyaan yang lebih baik dan menjadi kreatif dalam mencari solusi untuk tantangan hidup. Membantu mereka menemukan pelajaran di setiap tantangan hidup.

3. Pemimpin selalu mengatakan,
“Jangan pernah menyerah!”

Ini disebut juga Ketekunan (Perseverance)

Jawaban atau jalan paling mudah setiap kali kesulitan datang dalam hidup, adalah untuk menghentikan atau menyerah. Namun, seorang pemimpin tahu bahwa jalan yang paling mudah adalah tidak selalu jalan terbaik. Sebuah kutipan terkenal mengungkapkan kekuatan ketekunan yang sangat baik: “Ketekunan berlaku ketika semuanya gagal”.

Berhenti atau menyerah itu mudah. Ini adalah kebiasaan yang dimulai pada anak-anak sejak usia dini. Seharusnya anak-anak perlu belajar sejak usia dini, kekuatan membangun kebiasaan positif ketekunan dalam hidup ini, sehingga ia tidak mudah untuk berputus asa, menghentikan dan gampang menyerah.

Tips bagi orang tua dan guru

Ajarkan anak-anak sejak usia dini kekuatan dan pentingnya untuk tidak berhenti, gampang menyerah dan memenuhi komitmen mereka dalam kehidupan. Membantu mereka mengembangkan kebiasaan ketekunan dan komitmen memuaskan.

4. Pemimpin selalu mengatakan,
“Saya mungkin gagal atau membuat kesalahan, tapi saya selalu belajar dan belajar dan terus maju!”

Ini disebut Komitmen (Commitment)

Kesalahan dan kegagalan merupakan bagian integral dari kehidupan. Kita cenderung untuk belajar dari kesalahan atau kegagalan kita dalam kehidupan ini. Pemimpin belajar untuk melakukan yang terbaik dan tidak terpuruk oleh kesalahan mereka.

Pemimpin belajar untuk bertanya pada diri sendiri, pertanyaan yang kuat setiap kali mereka melakukan kesalahan atau kegagalan: “Apa yang bisa saya pelajari dari kesalahan dan kegagalan ini?”

Tips bagi orang tua dan guru

Ajarkan anak-anak sejak usia dini, untuk bisa dan mau menerima arti kegagalan dan kesalahan yang dilakukan. Di kemudian hari kelak, mereka akan belajar banyak dari kesalahan dan kegagalan yang telah dilakukannya. Dan mereka akan melakukan segala sesuatu dengan sebenar mungkin dan usaha terbaik yang dia bisa. Membantu mereka menemukan pelajaran dari kesalahan-kesalahan dan kegagalan di setiap pengalaman hidup sangatlah penting.

5. Pemimpin selalu mengatakan,
“Aku akan selalu melakukan yang terbaik!”

Ini disebut juga Keunggulan (Excellence)

Keunggulan atau melakukan yang terbaik, adalah berkaitan dengan keputusan sehari-hari dalam hidup. Sangatlah mudah untuk menjadi rata-rata seperti kebanyakan orang. Namun untuk menjadi diri pribadi yang memiliki keunggulan, dibutuhkan usaha yang terfokus setiap hari untuk harus melakukan yang terbaik dalam hidup.

Ini benar-benar adalah sikap. Pemimpin memilih untuk melakukan segala sesuatu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang mereka lakukan. Ini bukan tentang menjadi lebih baik dari orang lain, tetapi ini hanya tentang menantang diri Anda untuk selalu menjadi yang terbaik.

Tips bagi orang tua dan guru

Ajarkan anak-anak sejak usia dini untuk melakukan terbaik menurut kemampuan mereka sendiri dan tidak khawatir tentang membandingkan diri dengan orang lain. Bantulah mereka memahami pentingnya menantang diri mereka lakukan sehari-hari terbaik mereka.

Kesimpulan

Sebagai orang tua dan pendidik, pertanyaan yang banyak ditanyakan adalah “Apakah saya ingin, anak atau anak didik saya menjadi seorang leader atau cuman follower?” Semua itu benar-benar terserah Anda!

Terserah Anda untuk menanamkan anak-anak sejak usia dini dengan pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan (leadership skill) untuk menjadi pemimpin dalam kehidupan sehari-hari mereka … mulai Hari Ini!

Saya Dewi Lestari, sarjana psikolgi, menyukai psikologi anak (psikologi perkembangan dan pendidikan). Sangat mencintai dunia anak dengan disabilitas mental, emosional & perilaku. Anak Berkebutuhan Khusus, yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD)/ Syndrome Asperger/ RETT Syndrome/ PDD-NOS; Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADD/ADHD); Dyspraxia/ Dyslexia/ Dyscalculia; Retardasi Mental/ Down syndrome & Underachiever (Gifted/ Talented).

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , ,
Posted in Smart Parenting, Tips dan Trick bagi Guru, Tips dan Trick bagi Orang Tua

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Upcoming Events

No upcoming events

Silahkan masukkan email untuk menerima notifikasi posting terbaru.

Join 704 other followers

Selalu Terhubung
Hours & Info
Buat Janji Kosultasi: 0819-0377-7481
Konsultasi: Setiap Hari Minggu 13.00-16.00.