Jenis-Jenis Dyspraxia

Jenis-jenis Dyspraxia
atau Developmental Coordination Disorder (DCD)

Dyspraxia
Dalam perkembangannya, dysparaxia atau yang dikenal juga sebagai Developmental Coordination Disorder (DCD) dapat dikelompokkan dalam 3 (tiga) jenis utama, yang mana mungkin anak dapat mengalami satu atau lebih kombinasi, sesuai derajat tingkat keparahan yang dialaminya.

1. Dyspraxia Oral:

Subjek anak mengalami gangguan, hambatan, ketidakmampuan, kesulitan dalam melakukan gerakan mulut (oral), seperti: meniup, mengisap atau menggerak-gerakan lidah dan bibirnya sendiri dengan gerakan yang tepat dan konsisten.

2. Dyspraxia Verbal:

Subjek anak mengalami gangguan, hambatan, ketidakmampuan, kesulitan dalam menghasilkan suara secara tepat dan akurat, serta konsisten dalam isolasi, kata-kata atau sukukata – sukukata yang dihubungkan menjadi suatu yang memiliki arti atas pesan yang ingin disampaikan dalam pembicaraan. Contoh: anak mungkin berkata “bip” padahal yang ia maksudkan “ship” (kapal).

3. Motor Dyspraxia:

Subjek anak mengalami gangguan, hambatan, ketidakmampuan, kesulitan dalam melakukan gerakan sesuai yang diinginkannya, mengalami kesulitan aktivitas fisik dalam belajar dan mengingat.

Dyspraxia dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seorang anak, termasuk intelektual mereka, emosional, fisik, perkembangan berbicara dan berbahasa, sosial, sensorik dan mungkin pula berdampak pada proses pembelajaran normal mereka.

Selain itu, dyspraxia juga dapat dikaitkan dengan gangguan hambatan kesulitan berbicara dan berbahasa (speech and language disorder) pada anak, persepsi dan pimikiran, sehingga mereka tampak tidak berkembang, seperti yang diharapkan sesuai tumbuh-kembangnya.

Saya Dewi Lestari, sarjana psikolgi, menyukai psikologi anak (psikologi perkembangan dan pendidikan). Sangat mencintai dunia anak dengan disabilitas mental, emosional & perilaku. Anak Berkebutuhan Khusus, yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD)/ Syndrome Asperger/ RETT Syndrome/ PDD-NOS; Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADD/ADHD); Dyspraxia/ Dyslexia/ Dyscalculia; Retardasi Mental/ Down syndrome & Underachiever (Gifted/ Talented).

Tagged with: , , , ,
Posted in Dyspraxia

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Upcoming Events

No upcoming events

Silahkan masukkan email untuk menerima notifikasi posting terbaru.

Join 704 other followers

Selalu Terhubung
Hours & Info
Buat Janji Kosultasi: 0819-0377-7481
Konsultasi: Setiap Hari Minggu 13.00-16.00.