Apa dan Siapa Okupasi Terapis?

Okupasi Terapis

Departemen KesehatanSebagaimana disebutkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 548/ MENKES/ PER/ V/ 2007 disebutkan bahwa Okupasi Terapis adalah seseorang yang telah lulus pendidikan okupasi terapi setingkat Diploma-III sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Lebih lanjut juga disebutkan, Okupasi terapi adalah bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pasien/ anak yang mengalami gangguan fisik dan atau mental dengan menggunakan aktivitas bermakna (okupasi) untuk meningkatkan kemandirian individu pada area aktivitas kehidupan sehari-hari, produktivitas dan pemanfaatan waktu luang dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Adapun gangguan pada area kinerja okupasional adalah gangguan pada aktivitas kehidupan sehari-hari, produktivitas dan pemanfaatan waktu luang. Dan ditambahkan pula, gangguan yang dimaksud adalah gangguan pada fungsi sensorik, persepsi, motorik, interpersonal dan spiritual.

Sedangkan standar profesi adalah batasan kemampuan (knowledge, skill dan professional attitude) minimal yang harus dikuasai oleh seorang terapis untuk dapat melakukan kegiatan profesionalnya pada masayarakat secara mandiri yang dibuat oleh organisasi profesi.

Sarana pelayanan okupasi terapi adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan okupasi terapi yang meliputi sarana pelayanan kesehatan, pusat rehabilitasi sosial/ ketergantungan narkotika, psikoterapika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA), sekolah, klinis okupasi terapis dan lainnya yang sejenis.

Terapi Okupasi

Saya Dewi Lestari, sarjana psikolgi, menyukai psikologi anak (psikologi perkembangan dan pendidikan). Sangat mencintai dunia anak dengan disabilitas mental, emosional & perilaku. Anak Berkebutuhan Khusus, yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD)/ Syndrome Asperger/ RETT Syndrome/ PDD-NOS; Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADD/ADHD); Dyspraxia/ Dyslexia/ Dyscalculia; Retardasi Mental/ Down syndrome & Underachiever (Gifted/ Talented).

Tagged with: , , , ,
Posted in Terapi Okupasi

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Upcoming Events

No upcoming events

Silahkan masukkan email untuk menerima notifikasi posting terbaru.

Join 704 other followers

Selalu Terhubung
Hours & Info
Buat Janji Kosultasi: 0819-0377-7481
Konsultasi: Setiap Hari Minggu 13.00-16.00.