Filosofi Terapi Okupasi

Filosofi dan Prinsip Dasar Kerja Terapi Okupasi

Terapi Okupasi

Filosofi Terapi Okupasi

1. Individu. Individu dipandang secara holistic dimana tidak ada pemisahan antara jiwa dan raga, yang dipercaya bahwa kedua komponen tersebut menghasilkan tindakan, yang mempunyai makna diri (self- worth), bersifat dinamik sesuai tuntutan lingkungan dan perkembangan fisik, social dan psikologik dari bayi sampai lansia.
2. Sehat Merupakan keadaan keseimbangan dinamis dan kemandirian individu pada ketiga area kinerja okupasional untuk mempertahankan derajat kesehatan.
3. Aktifitas bermakna dan bertujuan Semua aktifitas keseharian yang dilakukan individu yang bermakna dan bertujuan pada area Kehidupan sehari- hari, Produktifitas dan Pemanfaatan waktu luang sesuai dengan konteks lingkungan fisik, sosial dan budaya dimana individu berada.
4. Area Kinerja Okupasional Meliputi Aktifitas kehidupan sehari- hari, Produktifitas dan Pemanfaatan waktu luang.
5. Komponen Kinerja Okupasional Meliputi komponen sensorik, motorik, persepsi, kognitif, psikologis, social dan spiritual.
6. Upaya Kesehatan Okupasi Terapi : Mengembangkan, memelihara, memulihkan area atau komponen kinerja okupasional sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan okupasi / aktifitas bermakna dan bertujuan. Upaya ini dilakukan melalui 4 (empat) tahapan terapi yaitu terapi komplementer (ajunct therapy) ; terapi yang membuat pasien mampu beraktivitas ( enabling ) ; terapi yang membuat pasien mampu beraktivitas secara bermankna dan bertujuan (purposeful activity) serta terapi yang membuat pasien mampu beraktivitas dan berpartisipasi pada area kinerja okupasional (occupation).
7. Otonomi Profesional Okupasi Terapi Otonomi professional adalah kemandirian profesi Okupasi terapi dalam memberikan layanan Okupasi terapi prima kepada pasien / klien, keluarga pasien dan masyarakat berdasarkan kode etik dan standar praktek Okupasi Terapi. Otonomi professional diperoleh Okupasi terapis melalui pendidikan tinggi ilmu okupasi terapi dan memperoleh pengakuan dari profesi kesehatan lain yang terkait.

Prinsip Dasar Terapi Okupasi

Tujuan dari pelatihan Terapi Okupasi itu sendiri adalah untuk mengembalikan fungsi pasien/anak semaksimal mungkin, dari kondisi abnormal ke normal yang dikerahkan pada kecacatan fisik maupun mental, dengan memberikan aktivitas yang terencana dengan memperhatikan kondisi pasien/anak, sehingga penderita diharapkan dapat mandiri didalam keluarga maupun masyarakat.

Untuk mencapai tujuan tersebut didalam Terapi Okupasi memiliki 2 prinsip dasar kerja, yaitu

1. Supportive Occupatinal Therapy

Yaitu menolong penderita untuk menghilangkan dari perasaan cemas, dan takut, dan memotivasi penderita untuk lebih giat didalam melakukan latihan.

2. Fungsional Occupational Therapy

Antara lain untuk pengaturan posisi (bagi anak CP), meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan kerja, meningkatkan motorik kasar (gross-motor) maupun motorik halus (fine-motor) dan meningkatkan konsentrasi dan kooordinasi gerak maupun sikap.

Saya Dewi Lestari, sarjana psikolgi, menyukai psikologi anak (psikologi perkembangan dan pendidikan). Sangat mencintai dunia anak dengan disabilitas mental, emosional & perilaku. Anak Berkebutuhan Khusus, yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD)/ Syndrome Asperger/ RETT Syndrome/ PDD-NOS; Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADD/ADHD); Dyspraxia/ Dyslexia/ Dyscalculia; Retardasi Mental/ Down syndrome & Underachiever (Gifted/ Talented).

Tagged with: , , , ,
Posted in Terapi Okupasi

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Upcoming Events

No upcoming events

Silahkan masukkan email untuk menerima notifikasi posting terbaru.

Join 704 other followers

Selalu Terhubung
Hours & Info
Buat Janji Kosultasi: 0819-0377-7481
Konsultasi: Setiap Hari Minggu 13.00-16.00.