Pengertian Guru Pendamping (Shadow Teacher)
Dalam tataran pragmatis, ada pergeseran peran dan istilah guru pendamping (shadow teacher), pergesaran peran yang nyata bagi guru pendamping adalah guru pendamping membantu mengajar anak di kelas bersama guru kelas.
Padahal yang benar, seorang guru pendamping atau shadow teacher bertugas mendampingi anak berkebutuhan khusus (special needs children), terutama anak-anak yang terdiagnosis ASD (Autism Spectrum Disorder), ADD / ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), Dyspraxia (Motor Planning Disorders), Dyslexia (Kesulitan Berbahasa dan Mengeja), Down syndrome (Penurunan Kognitif dan Fisik) dan Underachiever (anak berbakat yang kurang ditumbuh-kembangkan atas potensi yang dimilikinya) yang ada di kelas.
Menurut Yuwono, Joko. 2007 dalam Pendidikan Inklusif menjelaskan bahwa :
”Guru pendamping adalah guru yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang anak-anak kebutuhan khusus yang membantu atau bekerjasama dengan guru sekolah regular dalam menciptakan pembelajaran yang inklusi. Peran guru pendamping dalam membantu guru reguler dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan guru-guru tersebut”.
Salah satu contoh peran guru pendamping (shadow teacher) dalam membantu atau kerjasama dengan guru regular adalah memberi informasi tentang siswa/anak berkebutuhan khusus (special needs children) dan membuat perencanaan pembelajaran secara bersama agar semua anak dapat berpartisipasi di dalam kelas sesuai level keberfungsiannya. Guru pendamping (shadow teacher) sepertinya harus diposisikan sebagai teman berdiskusi oleh guru reguler, tempat mencurahkan permasalahan tentang anak berkebutuhan khusus (special needs children), mendiskusikan dan meminta solusi, dan lain sebagainya.
Guru pendamping (shadow teacher) selayaknya memberikan segala apa yang telah menjadi tugas dan kewajibannya, dalam bahasa akademisnya guru pendamping (shadow teacher) bertindak dan berperan aktif sebagai konsultan. Oleh karenanya guru pendamping (shadow teacher) selayaknya adalah mereka yang benar-benar memiliki pengetahuan, ketrampilan dan keahlian dalam membantu anak-anak berkebutuhan khusus (special need children).
Related Articles
- How to become aTeaching Assistant (reed.co.uk)
- Parents: Is Your Child an In-Betweener? (positivelyatypical.wordpress.com)
- Child With Special Need: Attention Deficit Disorder (ADD) (childwithspecialneededucationalgames.wordpress.com)
- Teacher Preparedness to Teach Children with ADHD and Asperger’s Syndrome (brwnhtd.wordpress.com)
- New center hopes to help charter schools help kids with special needs (watchdog.org)
- The Root of Anxiety (mspp.edu)
- ADD/ADHD in Children (victrocious.wordpress.com)
- ADHD: Speaking into the Narrative of our Children’s Lives (theinclusivechurch.wordpress.com)
- Everyone is different… (senoracrowe.wordpress.com)
- Educator Leans on Life Lessons in Fight for Special Needs Kids (thejakartaglobe.com)
mba dewi.. saya boleh ga minta daftar pustakanya dari tulisan mba yang judulnya “peran guru pendamping (shadow teacher) dan pengertian guru pendamping.. terima kasih.. 🙂
LikeLike
Boleh…
Kembali kasih.
LikeLike
mbk dewi ada ga tempat menyalurkan sedo teacher.
LikeLike
Baik. Silahkan hubungi saya by phone, call/ sms.
LikeLike
Mbak dewi … ini sangat bermanfaat sekali buat saya yang sedang menyusun laporan magang sebagai guru shadow … bolehkah saya minta daftar pustakanya ? terima
kasih sebelumnya
LikeLike
Sudah saya kirimkan ke inbox, via email. Salam
LikeLike
mba dewi salam kenal
saya sedang menyusun skripsi mengenai guru pendamping khusus.
sedang kesulitan mencari buku mengenai GPK
boleh minta judul buku dan pengarangnya mba mengenai GPK??
trimakasih mba
LikeLike
Sudah saya kirimkan inbox via email cendoair@gmail.com
LikeLike
assalamualaikum mba dewi, salam kenal saya maya. mba, kebetulan saya sedang ngerjain skripsi tentanf peran guru pendamping untuk anak abk, saya boleh minta reerensi buku dari mba dewi gak? terimaksih sebelumnya mba
LikeLike
Sudah saya kirimkan via email, lihat inbox mayaa.utami@yahoo.com
LikeLike
assalamualaikum mbk. . saya bole mnta referensi buki mengenai tugas GPK dlm mlayani ABK d sklh inklusi tdk mbk? mau nyusun skripsi hehe mksih sblumnya mbk.
LikeLike
Sudah saya kirimkan via email, lihat inbox sunydhany@yahoo.co.id
LikeLike
Assalam mba, saya sedang membuat proposal penelitian mengenai ABK dan Shadow teachernya. Tapi ternyata sulit sekali mencari buku mengenai shadow teacher, saya boleh minta referensi ttg buku itu mba ? Mohon bantuannya mba 🙂 terimakasih 🙂
LikeLike
Assalamu’alaikum mba dewi……saya pendamping anak ADHD di sekolah inklusi….saya bisa minta contoh laporan harian ga?
LikeLike
waalaikumsalam. kalau laporan harian di sekolah biasanya sdh ada standar masing2 apalagi itu sekolah inklusi biasaya sudah siap semua. yg perlu ditekankan disini biasanya sdh ada target pencapaiannya tinggal di jabarkan aja. salam bu dewi
LikeLike
Salam kenal mba dewi.. mba boleh saya minta referensi judul buku yg berkaitan dengan GPK dan ABK mba ?. Saya kesulitan mencari bahan untuk skripsi saya. Setelah membaca ini sangat bagus n bermanfaat untuk saya. Trima kasih sblmnya ya mba
LikeLike
anak jaman sekarang,terutama smp dan sma,bukan krn dia tidak mampu belajar,tetapi kebanyak anak tingkat tersebut,menghirup lem kambing dgn bensin,kerusakan otak mereka terletak disana akibat lem kambing,mereka bukan narkoba.sehingga orang tua merekapun tak sanggup melarang perbuatan anaknya,sehingga pagi menjelang sekolah mereka baru pulang dari warnet-warnet,alangkah bijaksananya pemerintah jika membuat peraturan untuk larangan warnet buka sampai subuh
LikeLike
sebenarnya,bukan sepenuhnya salah anak, tetapi orang tua disini harus bertanggung jawab atas apa yg dilakukan anaknya, sy sangat setuju dengan tulisan bu erlina, tetapi zaman sekarang kalau utk menghentikan kecanggihan teknologi tdk lah mungkin, pemerintahpun tdk bisa berbuat banyak, walaupun dilarang tetap masih bisa utk dilanggar, disini peran ortu sangat penting karena anak2 belajar dari rmh dan di bawa kelingkungan sekolah dan masyarakat,ortu yang harus membekali anak2 sedini mungkin tentang agama, pengetahuan dll kurang lebihnya seperti itu.
LikeLike
Assalamualaikum mbak Dewi, kebetulan saya sedang menyusun skripsi mengenai peran helper atau guru pendamping dalam kemandirian anak di sekolah inklusif dan kesulitan mencari pustaka. boleh saya minta rekomendasi buku yang bisa saya gunakan mbak?
Trims
LikeLike
Ass,wr.wb….Salam kenal bu dewi…kebetulan sy mempunyai anak ABK…saya memerlukan guru pendamping untuk anak saya, mungkin bu dewi punya refrensi dimanakah sy bisa mendptkan pendamping anak tsb. Trims.
LikeLike