Metode Program Pembelajaran

Metode Pembelajaran Program Terapi Kunjungan ke Rumah atau Homeschooling

Satu Terapis ↔ Satu Anak (One-On-One).

Satu Kegiatan → Kegiatan Lain (One-To-One)

Anak BelajarSebagaimana diketahui dengan mengacu pada Pedoman dan Suplemen Model Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Indonesia, maka pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Homeschooling Privat Terapi Kunjungan Ke Rumah “Anak Hebat Mandiri” untuk special needs children (anak berkebutuhan khusus), khususnya anak-anak yang terdiagnosis ASD (Autism Spectrum Disorder), ADD / ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), Dyspraxia (Motor Planning Disorders), Dyslexia (Kesulitan Berbahasa dan Mengeja), Down syndrome (Penurunan Kognitif dan Fisik) dan Underachiever (anak berbakat yang kurang ditumbuh-kembangkan atas potensi yang dimilikinya), menitiberatkan penerapan Program Pembelajaran TerIndividualkan (PPI) dengan Satuan Pembelajaran Terindividualkan (SPI), secara :

  1. Sistematik (apa yang akan diajarkan, tahapannya),
  2. Terstruktur (bagaimana, cara mengajarkannya), dan
  3. Terukur (dapat dinilai, sudah bisa atau belum).

Proses Pembelajaran.

Proses pembelajaran tidak berbasis isi materi dalam mata pelajaran dan tidak pula berbasis waktu. Proses pembelajaran disesuaikan dengan kompetensi yang akan dikuasai masing-masing anak/subjek secara fungsional (berhasil guna/ manfaat).

Dengan privat terapi kunjungan ke rumah, maka dimungkinkan pelaksanaan metode pembelajaran dengan sistem one-on-one (satu guru/terapis ↔ satu anak/subjek), sehingga bahan ajar dapat terstruktur secara sistematik one-to-one (satu kelompok/ aktivitas kecil meningkat → ke satu kelompok/ aktivitas besar atau lebih sulit) dengan mengajarkan kepada anak/subjek secara bertahap.

Homeschooling Privat Terapi Kunjungan ke Rumah “Anak Hebat Mandiri” – untuk sementara hanya diperuntukan bagi anak berkebutuhan khusus (special needs children), yang terdiagnosis ASD (Autism Spectrum Disorder), ADD / ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), Dyspraxia (Motor Planning Disorders), Dyslexia (Kesulitan Berbahasa dan Mengeja), Down syndrome (Penurunan Kognitif dan Fisik) dan Underachiever (anak berbakat yang kurang ditumbuh-kembangkan atas potensi yang dimilikinya), dimana metode program pembelajarannya dirancang secara sistematik, terstruktur dan terukur, yang dikemas menjadi tujuan khusus jangka panjang dan tujuan khusus jangka pendek, yang berbeda-beda untuk masing-masing individu anak/subjek.

Kurikulum Program

Adapun penyusunan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) – Program Pembelajaran Terindividualkan  (PPI) privat terapi ke rumah untuk 1 (satu) tahun program pembelajaran,  sebagai berikut:

  • 1 (satu) tahun program pembelajaran, dilaksanakan + 40 minggu (waktu efektif dengan mempertimbangkan tujuan khusus jangka panjang dan tujuan khusus jangka pendek),
  • 1 (satu) minggu program pembelajaran, minimal dilaksanakan  3 x sesi kunjungan (waktu efektif dengan mempertimbangkan waktu struktural dan non struktural yang mungkin ada) ,
  • Terapi perilaku ABA – Applied Behavior Analysis  (metode Lovaas)  sebagaimana kesepakatan ahli secara umum, waktu optimal atau efektif yang diperlukan 20 – 40 jam seminggu, demikian pula
  • Terapi Wicara, waktu optimal atau efektif yang diperlukan 10 -12 jam seminggu.
  • 1 (satu) sesi program kunjungan, maksimal dilaksanakan selama 2 -3  jam  (waktu efektif program pembelajaran).
  • laporan hasil evaluasi penilaian diberikan setiap akhir sesi kunjungan, mid semester dan semester.

Saya Dewi Lestari, sarjana psikolgi, menyukai psikologi anak (psikologi perkembangan dan pendidikan). Sangat mencintai dunia anak dengan disabilitas mental, emosional & perilaku. Anak Berkebutuhan Khusus, yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD)/ Syndrome Asperger/ RETT Syndrome/ PDD-NOS; Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADD/ADHD); Dyspraxia/ Dyslexia/ Dyscalculia; Retardasi Mental/ Down syndrome & Underachiever (Gifted/ Talented).

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Posted in terapi kunjungan ke rumah
3 comments on “Metode Program Pembelajaran
  1. mustafit says:

    Mantab bu…. Anak autis itu hanya perlu perhatian, believe me… Jadi, inti terapi adalah juga menerapi orang tua agar sadar bahwa anak autis itu juga anugerah, malah bisa disebut, anugerah mereka yang terbesar itu adalah dia. Anak2 autis atau anak2 penyakitan lainnya itu seperti magnet yang menarik rejeki dan berbagai anunerah. Hanya karena keserakahan manusia serta seringnya manusia melalaikan nikmat2-Nya, tak menyadari nikmat di depan mata mereka, maka anak2 ini dianggap cobaan. Saya banyak contoh nyata, anak yang bener seperti tak ada harapan untuk bicara, tiba2 suatu hari, saat saya foto2 dngan anak saya, dia langsung bicara, “Jevera lagi ngapain???” Waduh, saya kaget tak percaya… Dan dia bukan satu2nya… ada beberapa anak yang setelah guru2 bersabar selama 1 tahun menangani meerka selayaknya keluarga mereka, tiba2 waktu itu datang…

    Like

  2. Allah Maha Besar… Makanya, pada hakekatnya bukan anak yang belajar, tetapi orang tua yang belajar pada anak. Karena orang tua belajar sabar dari anak-anaknya, sedangkan anak-anaknya belajar bijaksana kepada orang tuanya.

    Like

    • mustafit says:

      Di artikel saya pemilik wilayah kanan dan pemilik wilayah kiri saya menukil banyak hikmah dari para auliya termasuk imam al-ghazali mengenai hakikat perjuangan…. smile…

      Like

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Upcoming Events

No upcoming events

Silahkan masukkan email untuk menerima notifikasi posting terbaru.

Join 704 other followers

Selalu Terhubung
Hours & Info
Buat Janji Kosultasi: 0819-0377-7481
Konsultasi: Setiap Hari Minggu 13.00-16.00.